Menguasai tehnik SEO tak harus seorang programmer, cukup punya kemauan belajar di www.inabuy.com
Kemampuan Menulis Penunjang Juara SEO 2012
Published on November 23, 2011 By zulbiadi In Blogging

www.inabuy.com - Belajar seo dan agar tau tehnik seo tak harus mempunyai kemampuan sebagai programmer. Kemampuan sebagai programmer memang perlu untuk menunjang usaha kita dalam mempraktikkan tehnik seo blog. Namun, seperti pada tehnik seo yang sudah sering saya sampaikan pada tulisan saya sebelumnya bahwa kemampuan sebagai programmer hanya merupakan penunjang ke 12 dari semua kemampuan yang anda miliki untuk juara dalam tehnik seo yang sengit di dunia blogger. Ya, jangan heran karena demikianlah adanya. Tehnik seo yang diterapkan saat ini tidak lagi begitu mempermasalhkan kemampuan seseorang apakah dia seorang programmer atau tidak masih punya harapan menang tehnik seo.

 

Berbicara soal tehnik seo memang tidak ada habisnya bagi seorang blogger. Namun pada kesempatan ini saya hanya akan menguraikan dan mempertegas satu penunjang juara tehnik seo 2012 yang kurang dipertimbangkan banyak orang yang menggeluti tehnik seo saat ini, yaitu kemampuan menulis. Kemampuan menulis seseorang saat ini sudah menjadi hal yang sangat diperhitungkan jika ingin mengejar juara tehnik seo 2012.

 

Jika tadi di atas saya mengatakan bahwa kemampuan sebagai programmer bukanlah satu-satunya syarat untuk menang dan menguasai tehnik seo dan bahkan posisinya dari segi penunjang saya tempatkan pada urutan ke 12. Tapi kemampuan menulislah yang wajib anda pertimbangkan untuk menang dalam tehnik seo dan menduduki peringkat 10 besar dalam mesin pencari, khususnya google. Namun jika dikatakan demikian pasti bagi anda yang tidak atau kurang bisa dalam hal menulis pasti juga sudah mengeluh bahwa kemampuan menulis juga susah menurut anda. Nah inilah pentingnya saya menuliskan artikel ini, disamping ingin memberikan penekanan kepada anda bahwa tehnik seo pada dasarnya ditunjang oleh kemampuan menulis anda juga untuk mengajarkan anda menjadi penulis yang mahir hanya dalam hitungan menit saja melalui tulisan ini.

 

Sepertinya terlalu panjang pengantar yang saya berikan. Nah, sekarng mari kita mulai saja membahas soal kemampuan menulis yang saya maksudkan.  Sebelum memulai saya akan memberikan anda wejangan bahwa kemampuan menulis artikel untuk kepentingan blog ataupun website pada dasarnya berbeda dengan kemampuan menulis artikel atau naskah buku. Jika dalam penulisan naskah buku sangat diperhitungkan gaya bahasa dan metode penulisannya, maka dalam penulisan artikel untuk kepentingan blog hal demikian tidaklah terlalu menjadi patokan. Sebab, dalam menulis artikel blog tidak mengenal aturan demikian dan lagi pula tidak ada yang berhak mengatur anda. Lah, itu kan blog kamu sendiri, tulisan ya tulisan kamu sendiri, jadi terserah kamu yang punya dong! Tapi bila dipikir-pikir siapa juga yang mau repot-repot mengatur anda. Orang kan punya urusan masing-masing. Kecuali kalau anda menulis hal-hal yang berbau sara, pornografi atau menghinna orang baru anda diurus dan berurusan dengan orang lain.

www.inabuy.com

Sebelum masuk kepembahasan ini saya mau menjelaskan kepada anda mengenai perbedaan antara artikel blog dan naskah buku :

  1. Dari segi aturan baku penulisan, artikel blog tidak mengenal aturan baku penulisan yang diterapkan dalam penulisan naskah buku, seperti penggunaan jenis huruf, gaya bahasa, dan lain sebagainya.
  2. Dari segi alur penulisan, artikel blog tidak mengenal tehnik penulisan secara rinci dalam satu halaman seperti halnya dalam penulisan naskah buku yang wajib detail ditulis dalam satu halaman, melainkan cukup memberikan penjelasan singkatnya dan kemudian memberikan link aktif ke halaman artikel lain yang, untuk dibaca selanjutnya oleh pembaca, baik itu masih dalam alamat blog yang sama atau dari blog orang lain yang memberikan penjelasan yang sama.
  3. Karena dalam penulisan artikel blog yang dipentingkan adalah bagaimana orang tahu mengenai suatu ilmu yang kita sampaikan, maka dalam penulisan artikel blog tak perlu ada catatan kaki atau apa pun yang sejenis yang membutuhkan kejelasan mengenai sumber tulisan. Yang terpenting adalah orang puas dan merasa terbantu terhadap artikel yang kita tulis.
  4. Dalam penulisan artikel blog umumnya singkat, padat dan jelas. Sedangkan dalam penulisan artikel buku perlu dijelaskan panjang lebar dengan berbagai penjelasan yang menyangkut dengan pembahasan tersebut.
  5. Acuan dalam menerapkan penulisan artikel blog selain memperhitungkan penilaian dari pembacanya, juga penilaian dari mesin pencari. Sedangkan pada penulisan artikel buku hanya memperhitungkan penilaian dari pembacanya.

Bila anda sudah tau perbedaannya antara penulisan artikel blog dan penulisan naskah buku, nah sekarang saya akan menjelaskan metode penulisan, acuan pembuatan artikel blog atau apalah menurut anda yang cocok untuk menamakan sederet imu penulisan blog yang saya jelaskan di bawah ini :

  1. Seperti saya sampaikan pada pebedaan artikel blog dan naskah buku pada bagian ke-5 di atas, maka hal pertama yang wajib anda petimbangkan dalam penulisan artikel blog adalah Mesin Pencari. Artinya dalam penulisan blog jangan hanya sekedar menulis untuk memberikan info tapi juga wajib juga menulis untuk kepentingan mesin pencari. Untuk jelasnya, silahkan ikuti terus penjelasan ke-2 dan seterusnya di bawah ini.
  2. Penulisan artikel blog wajib memperhitungkan keyword / kata kunci. Artinya, ketik anda menulis artikel untuk kepentingan blog anda sedapat mungkin menentukan kata kunci apa yang akan anda tembak agar mudah terbaca oleh mesin pencari.
  3. Mengenai kata kunci artikel, seorang penulis blog wajib focus pada satu kata kunci dalam menulis artikelnya. Bila tidak, tulisan anda susah bersaing dengan artikel lain untuk masuk ranking 10 besar google. Dan jangan pernah mengejar lebih dari satu kata kunci untuk terindeks di mesin pencari karena hanya akan memberikan penilaian tidak spesifik pada google mengenai tulisan anda yang akan berakibat menurunkan rangking blog anda.
  4. Masih mengenai kata kunci. Penulisan kata kunci pada blog harus ditekankan pada paragraph pertama. Usahakan untuk menulis pada paragraph pertama dengan memasukkan kata kunci anda minimal 3% dari kata kunci yang ditargetkan atau maksimal 7% dari kata kunci yang anda tembak. Jangan sekali-kali lebih dari 7% karena akan dianggap spam oleh mesin pencari. 3% kata kunci berarti bila ada sepuluh kata dalam satu paragraph maka usahakan menulisakan minimal 3 kata kunci. Tapi ingat, bila tulisan anda kelihatan tidak wajar dan tidak enak dibaca karena terlalu banyak kata kunci maka jangan dipaksakan. Cukup 1% hingga 2% kata kunci sudah cukup lumayan untuk bersaing dengan ribuan artikel sejenis dari blog lain.
  5. Mesin pencari, khususnya google, sangat memperhitungkan kerapatan kata kunci anda. Untuk itu dalam memasukkan kata kunci anda dalam artikel usahakanlah tidak terlalu berjauhan antara satu kata kunci dengan kata kunci lainnya. Tapi perlu diingat lagi, jangan memaksakan diri dan tetaplah buat tulisan anda enak untuk dibaca.
  6. Google merenking suatu artikel di mesin pencarinya berdasarkan kata kunci yang padat dalam satu artikel tapi masih dalam tahap wajar dan bukan spam. Seperti pada penjelasan nomor 4 di atas, ikuti saja aturan antara 3% - 7% kata kunci yang tidak terlau dipaksakan.
  7. Selain memperhitungkan penulisan kata kunci di awal paragraph atau awal artikel, usahakan juga kata kunci anda dituliskan pada pertengahan dan akhir artikel karena juga menentukan dan membantu penilaian google.
  8. Usahakan untuk memberikan penekanan pada setiap kata kunci anda, seperti mempertebal (bold), memiringkan (italic) atau member garis bawah (underline). Karena mesin pencari mudah membaca artikel yang ada penekanan katanya dan tentunya berdampak pada ranking artikel anda. Tapi saya ingatkan lagi untuk tetap wajar dan jangan terlalu banyak menebalkan atau mem-bold kata dalam tulisan anda karena umumnya pembaca atau pengungjung blog tidak senang dengan hal demikian karena mengganggu penglitan mereka.
  9. Selain kata kunci yang perlu anda perhatikan adalah link antar artikel dalam blog anda. Saya tegaskan bahwa ini juga menjadi penunjang utama dalam tehnik seo 2011, 2012 dan seterusnya yang sering saya ajarkan dalam blog saya www.inabuy.com . Buatlah link antar artikel anda yang pembahasannya hampir sama atau yang memiliki kategori sama. Cara terbaik dan tehnik paling jitu untuk hal ini adalah dengan “membuat link teratur dan melingkar”. Caranya, bila kamu telah menulis minimal 3 artikel maka linkkanlah satu sama lain dengan cara artikel pertama melink atau terhubung ke artikel kedua dan artikel kedua me-link ke artikel ketiga dan selanjutnya artkel ketiga kembali melink ke artikel pertama. Ini namanya interlinking. Tehnik ini memanfaatkan system kerja robot atau spider atau laba-laba Google yang melakukan pengintaian secara berkala pada blog anda diamana system kerjanya yaitu spider yang mengintai blog anda akan melompat dari satu link hidup ke link hidup laiannya, kemudian melakukan indexing setiap mereka singgah di link tersebut. Semakin banyak indexing yang terjadi maka semakin banyak robot tersebut menghitung indexing anda dan tentunya semakin besar kemungkinan suatu blog atau artikel terenking dengan baik di mesin pencari. Lalu pertanyaan, tujuannyan dengan tehnik link teratur dan melingkar atau berputar bagaimana? Jadi seperti pada cara kerja robot di atas, jika mereka melompat dari satu link ke link lainnya maka tentunya mereka akan berputar-putar pada blog anda sendiri karena antara link artikel pertama, kedua dan ketiga serta mulai lagi dari link ketiga kembali ke link pertama yang tidak putus terhubung dan begitu seterusnya tentunya dampaknya artikel anda kan diindexing sebanyak mungkin sampai robot tersebut melompat ke link lainnya. Dan karena setiap indexing robot menghitung indexingnya tentunya artikel blog anda punya peluang terindecing banyak kali dalam satu kali kunjungan robot tersebut. Dan karena ranking anda dipertimbangkan dari jumlah tersebut tentunya peluang rangking sepuluh besar bukan harapan lagi bagi anda.
  10. Sebelum menutup pembahasan artikel ini, Ingat Tehnik no.9 di atas adalah tehnik seo paling mutakhir dan pengarushnya paling besar pada rangking mesin pencari. Lihat buktinya pada blog saya www.inabuy.com yang umurnya tidak lebih dari sebulan bisa masuk Ranking No.1 di Google dengan mengetikkan kata kunci “cara kompres html’

Ingat tak ada cara terbaik belajar tehnik seo selain berguru pada ahlinya. Untuk itu silahkan anda berkunjung ke blog saya www.inabuy.com secara rutin karena setiap minggu ada artikel baru mengenai seo yang saya tulis. Atau mau pasang iklan gratis di http://iklangratis.inabuy.com Ingat blog yang saya buat umurnya baru 1 bulan tapi bisa masuk sepuluh besar dan bisa masuk ranking di bawah angka 5 juta di Alexa dot com. Kurang dari 1 tahun blog saya pasti sudah masuk ranking di bawah angkan 1 juta di alexa. (By Zulbiadi)

Mari berjuang bersama mengejar cita-cita! Semoga bermanfaat.

-----------------------------------------------------

www.inabuy.com

-----------------------------------------------------


Comments
No one has commented on this article. Be the first!